Pentingnya Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

10 Dec 2014

Kemarin pagi, kurang lebih pukul 7 di sebuah lampu lalu lintas daerah Rawasari ada sebuah pemandangan yang kurang mengenakan. Di saat bus yang saya tumpangi berhenti karena terkena giliran menunggu lampu yang merah. Tiba-tiba saja mata ini mengarah ke arah kiri dari saya duduk, di sana terlihat seorang wanita di atas motor matic merahnya. Dengan hanya menggunakan kaos dan celana pendek tanpa memakai pelindung kepala dengan santainya melakukan pelanggaran lalu lintas. Bahkan dilakukan di hadapan petugas yang sedang berjaga dan masih dalam rangka operasi Zebra Jaya yang berlangsung sejak tanggal 26 November sampai 9 Desember 2014. Pengemudi wanita itu berbelok ke kanan setelah melalui lampu lalin dari arah Rawasari, untuk melanjutkan mengambil arah yang berlawanan untuk menuju ke tempat tujuannya. Kebetulan memang di dekat sana ada sebuah apartemen yang pembangunannya masih berlanjut hingga kini.

Entah apa yang ada dipikiran pengemudi sepeda motor wanita itu, saat tanpa takutnya melewati petugas polisi yang sedang berjaga dengan beberapa pelanggaran sekaligus yang dilakukannya. Mungkin tidak ada sama sekali dalam benaknya terpikirkan tentangpentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.Tentu saja petugas segera memberhentikannya untuk segera memberi peringatan, menyuruhnya berbalik arah. Tapi nyatanya pengemudi tersebut bukannya patuh terhadap perintah dari petugas, malahan terlihat membantah (ngeyel). Dengan masih berusaha bertahan dan enggan untuk memutarbalikkan motornya. Bahkan sambil menunjuk-nunjuk dengan tangannya ke sebuah tempat yang mungkin ingin dia tuju. Sudah untung kalau petugas polisi tidak melakukan penilangan terhadapnya, hanya memintanya untuk memutar. Bis saya terlanjur jalan, jadi tidak bisa melihat kelanjutan kejadian tersebut. Apakah petugas akhirnya melakukan tindakan dengan penilangan atau tidak.

Saya yang melihat dari dalam bus merasa geram dengan tindakan pengemudi motor itu, berharap agar petugas melakukan tindakan penilangan bahkan penangkapan kalau dianggap perlu karena tindakannya membantah kepada petugas yang sedang berjaga. Tercatat ada tiga buah pelanggaran yang dilakukannya:

1. Tidak menggunakan pelindung kepala saat mengemudi kan sepeda motor di jalan raya

2. Melawan arah saat menjalankan kendaraannya

3. Membantah dan melawan petugas yang sedang berjaga.

Saya bahkan menebak kalau pengemudi tersebut juga tidak membawa kelengkapan lainnya saat mengemudi seperti SIM dan STNK. Miris melihat kejadian kemarin pagi itu. Bahkan sempat terpikirkan kalau sekarang ini petugas sudah tidak lagi memiliki wibawa di hadapan para pengemudi. Begitu juga para pengemudi kendaraan bermotor sudah tidak peduli dengan keselamatan dirinya sendiri, apalagi keselamatan orang lain.

Pentingnya Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Ayolah wahai sesama pengemudi taatlah kepada peraturan yang berlaku dan lengkapi diri anda dengan alat keselamatan selama mengendarai kendaraan bermotor. Jangan anda anggap remeh segala peraturan yang diberlakukan selama berada di jalan raya (lalu lintas). Semua peraturan diberlakukan untuk mengatur segala keselamatan semua pengguna jalan. Pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak ada lagi kejadian kecelakaan yang bisa mencelakai bahkan merenggut nyawa seseorang. Akibat kecelakaan bukan saja dialami oleh pengemudi yang tidak taat peraturan tapi juga pengendara lainnya yang tidak bersalah. Sisihkan ego masing-masing, ingatlah selalu keluarga menuggu di rumah agar anda pulang dengan selamat.


TAGS


-

Author

Follow Me